BaitulMaalKu

Langkah Sigap BaitulMaalKu Respon Banjir di Karawang

Tanggal Posting: 06-01-2020 oleh: Administrator

BaitulMaalKu-- Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kabupaten Karawang mengkibatkan banjir sejak Rabu (01/01). Tim Siaga BaitulMaalKu (TSB) dikerahkan menuju lokasi rawan dalam rangka assessment kondisi terkini.

Laporan Tim TSB menyebutkan setidaknya terdapat 3 titik terdampak banjir, diantaranya Purwasari dan BMI di wilayah Timur (100KK) dan Desa Karangligar di wilayah Barat (265KK). Kondisi sementara dilaporkan warga yang rumahnya terendam banjir mengungsi ke tempat aman. Kebutuhan mendesak diantaranya makanan siap saji, air mineral dan pakaian hangat.

LAZ BaitulMaalKu sigap untuk mengakomodir penyaluran bantuan ke wilayah terdampak banjir. Bantuan yang terhimpun sebanyak 15 dus pop mie, 15 dus air mineral, 150 bungkus nasi, pakaian hangat dan uang sebanyak 1 juta rupiah. Bantuan tersebut langsung disalurkan ke wilayah terdapak banjir.

Penyaluran dilakukan pada hari Kamis (02/01) dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan. Setelah dilaporkan wilayah Timur mulai surut dan sudah cukup bantuan, tim TSB meluncur ke wilayah Barat. Penyaluran pertama di desa kampek, Karangligar yang mana volume air masih mendominasi daratan dan sebagian warga masih mengungsi. Di titik pertama tim TSB menyalurkan air mineral, pop mie dan nasi bungkus.

Berangkat menuju titik kedua, tim TSB bertemu dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Kondisi titik kedua yang berlokasi di desa pengasinan masih tergenang air. Namun warga setempat menyebar untuk mengungsi sehingga penyaluran tidak dilakukan disana. BPBD berkordinasi dengan tim TSB yang kemudian diputuskan untuk penyaluran di wilayah terisolasir.

Desa Mekarmulya, Kecamatan Mekarjaya Karawang Barat berlokasi tepat bersebelahan dengan sungai cibeet. Sejak hujan deras turun, air sungai mulai naik dan masuk ke pemukiman warga. Saat Tim TSB datang, air sudah mulai surut namun jalanan masih didominasi oleh lumpur dan genangan air. Desa yang berpenduduk sebanyak 277KK (740 jiwa) memiliki jalanan yang sempit dan akses yang cukup sehingga belum tersentuh oleh bantuan darimanapun. Pemerintahan setempat mengabarkan, saat bencana banjir kemarin warga diamankan di kantor Desa. Anak-anak dan lanjut usia menjadi prioritas dalam evakuasi kemarin. Saat ini semua sudah bisa pulang ke rumah meski jalanan masih dalam kondisi licin akibat lumpur.

Kedatangan tim TSB disambut gembira oleh para warga. Pemuka setempat mengaku, sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dari BaitulMaalKu. "Alhamdulillah. Terimakasih banyak warga kecil seperti kami sudah ditengok, sudah diperhatikan. Semoga donatur bahagia dan sukses selalu" ungkapnya.

Terimakasih kepada donatur yang telah percaya menitipkan bantuannya kepada BaitulMaalKu. Rencana pasca bencana, BaitulMaalKu akan memberikan fasilitas Kesehatan Keliling Gratis dalam program "SehatKu Mobile". Program ini terbuka bagi para donatur yang ingin turut berpartisipasi. Kebutuhan mendesak adalah pemeriksaan gratis dan obat-obatan untuk daerah yang jauh dari layanan kesehatan.

Bantu Kami

Transaksi Langsung Kantor/Gerai BaitulMaalKu Jemput Donasi - Layanan Jemput Donasi ke Lokasi Mitra

Transfer Rekening a.n BaitulMaalKu

# Nama Bank Nomor Rekening
1 BNI Syariah 7600560040
2 Bank Syariah Mandiri 7164164165
3 Bank Muamalat 3410019581
4 Bank Mega Syariah 2008147021
5 Bank Syariah Mandiri 7128975677
6 Bank Mandiri 1730005823712